Pengertian Proximity sensor, kemampuan sensor dan cara setting sensing. Pengertian Proximity sensor, kemampuan sensor dan cara setting sensing. - PLC - DROID

Pengertian Proximity sensor, kemampuan sensor dan cara setting sensing.

      Proximity sensor adalah sensor yang berfungsi sebagai deteksi benda yang berdasarkan jarak benda tersebut yang sudah disensing atau diataur jaraknya yang mengikuti sepesifikasi dari sensor proximity tersebut.
Pengertian Proximity sensor dan cara setting
Pada Proximity biasa terdapat sepefisikasi sebagai berikut : 
  • Jarak Sensing 
  • Histerisis
  • Target sensing Standart
  • Catu daya ( Tegangan Operasi )
  • Frekuensi Respon
  • Connection

Jarak Sensing 

     Jarak sensing ini biasanya tertara pada spesifikasi semua sensor proximity yang harus dipenuhi karna jika tidak dipenuni maka sensor tidak akan mensensing atau mendeteksi jika ada barang yang lewat, jarak sensing biasanya antar 4 mm - 25 mm dimana satuan milimiter karna jaraknya dekat dan biasanya ini digunakan untuk menghitung RPM motor, jadi jarak yang harus disetting tidak boleh melebihi 4mm tapi tenang ada nilai histerisisnya. 
Cara Mengatur Jarak Sensing Proximity
Dari gambar diatas maka ditentukan rumus jika sobat punya proximity dengan jarak sensing 4 mm : 
SN = 4 mm 
SA = 4 x 70 % 
      = 4 x 0.7 
      = 2.8 mm 
Jadi sobat setting jaraknya di 2.8mm agar ketika bendanya bisa bergerak antara 0 - 4 mm dimana 0 adalah nilai minimum dan 4 adalah nilai maximusnya. 

Histerisis

     Histerisis adalah persentase jarak ( Plus dan Minus ) biasanya tertara Maksimum 10% dari jarak sensing yang dimaksud adalah nilai bawah dan nilai atasnya dari jarak sensingnya, jika sobat mempunya proximity dengan jarak sensingnya 4mm maka Histerisisnya perhitunganya sebagai berikut : 

Jarak Sensing = 4 mm 
Histerisi         =  10% x 4
                       = 0.1 x 4
                       = 0.4 mm 

 Dari nilai di atas ketemu dengan nilai 0.4 mm maka Histerisinya adalah maksimum jarak sensingnya 4 + 0.2 = 4.2 mm dan minimumnya adalah 4 - 0.2 = 3.8 mm. 

Target sensing standart

     Target sensing standart adalah besar atau ukuran benda yang direkomendasikan untuk tipe Proximity sensor tersebut biasanya tertara 12x12x1mm(iron) dengan hormat HxWxD bahan Iron jika tidak tau HxWxD maka indonesianya Tinggi x Lebar x Tebal bahanya besi.

Catu Daya (Tegangan Operasi)

     Catu Daya pada proximity sensor biasanya antara 12 - 24VDC dengan batasan range (10 - 30VDC). 

Frekuensi Respone

     Frekuensi Respone adalah nilai rata-rata. Target sensing standart digunakan dengan lebar yang diset dua kali dari target sensing standart dan 1/2 kali dari jarak sensing.
Jika sepesifikasi proximity sensor adalah 400hz maka setara dengan 400 pulse/dtk.                   Contoh, ada mesin yang mempunyai 4000 rpm dan memakai sensor proximity dengan menggunakan 1 cam apakah mampu sensor proximity tersebut untuk membaca 4000 rpm?      

Jawaban:                                                                                                                                 Rpm : 4000 rpm dijadikan ke detik 4000/60 = 66.66 pulse/detik x 1 cam = 66.66 pulse/detik   jadi untuk proximity dengan maksimum 400 pulse/dtk maka untuk membaca 66.66 pulse/detik maka sangat mampu sekali, beda lagi jika cam yang dipakai lebih banyak maka 66.66 pulse/detik x cam ( Berapa banyak cam yang dipakai )                                                                                                                                    

Connection

     Koneksi ini terdapat 2 wire atau 3 wire berikut penjelasanya dan gambarnya: 
Connection 3 Wire Proximity Sensor

 Diatas terdapat 2 type dimana NPN atau PNP untuk Koneksi 3 Wire, Jika sobat memilih NPN maka akan keluar output OV dan harus memilih perangkat yang bisa membaca 0V dan sebaliknya jika PNP maka akan keluar 24V dan harus mencari perangkat yang bisa membaca 24VDC. 

 Diatas koneksi 2 wire perbedaanya hanya diwiringnya yang untuk ini keluar 2 kabel dan untuk pembacaanya harus dilooping dahulu atau diputar dlu jadi jika sobat membacanya dengan pulse meter maka dari power 24VDC masuk ke Pulse meter keluar pulse meter > Proximity > Proximity > 0V. 

Semoga bermanfaat dan berguna.  Next saya akan posting tentang cara pembacaan proximity menggunakan Pulse meter.... jika ingin dishare jangan lupa dikasih link sumbernya terima kasih.


0 Response to "Pengertian Proximity sensor, kemampuan sensor dan cara setting sensing."

Post a Comment

[ > ] Pembaca yang baik berkomentarlah dengan sopan
[ > ] Admin berhak menghapus komentar anda yang sarah dan kawan"nya
[ > ] Komentar anda sangat bermanfaat bagi admin


Terima Kasih