Pengertian Fungsi dan Wiring Dari Kontaktor

Pengertian Fungsi dan Wiring Dari Kontaktor bisa disebut Magnetic Contactor karena prinsip kerja dari kontaktor tersebut menggunakan medan magnet yang timbul oleh arus listrik yang didalam kontaktor tersebut ada sebuah kumparan untuk menjadi magnet karena dialiri oleh arus listrik. 

Kontaktor menimbul kan magnet yang bisa disebut Coil yang menarik kontak - kontak NO (Normaly Open) menjadi NC (Normaly Close) bahasa indonesia menutup.
Kontaktor Chint

Fungsi Kontaktor 

Kontaktor berfungsi untuk menggerakan sebuah motor 3 phase pada sebuah pabrik atau industri yang memiliki ampere yang tinggi, dengan kontaktor ini motor tersebut bisa jalan start atau stop sebab kontaktor memiliki kontrol yang bisanya bisa disebut DOL ( Direct On Line ) dan Star Delta yang sering dipakai pada dunia indrustri saat ini. 

Bagian - bagian dari Kontaktor

Kontaktor memiliki sebuah bagian yang harus dipahami dan fungsinya, karena ini berkaitan dengan listrik yang tidak kasat mata dan dapat membahayakan diri sendiri maupun mesin yang digerakan oleh kontaktor, berikut bagian yang harus diketahui:
  • Coil
  • Kontak Utama (RST)
  • Kontak Bantu NO / NC
Sangat sederhana sekalikan bagian - bagian dari Kontaktor karena ya cuman itu saja yang penting dari kontaktor.

Cara memilih Kontaktor 

Sering sekali banyak orang yang tidak tahu dan asal membeli kontaktor yang berdampak nanti salah sepesifikasi, dari sini akan saya berikan apa saja yang perlu diperhatikan untuk membeli kontaktor: 

  • Coilnya menggunakan tegangan berapa ? 220VAC atau 24VDC
  • Liat ampere pada nameplate motor dan lebihkan ampere untuk memilih kontaktornya
  • Apa saja kebutuhkan kontak bantunya untuk mengontrol atau memberikan lampu

Wiring dan Simbol Kontaktor

Wiring Kontaktor
  • Coil yang bergambar kontak yang memiliki pin A1 dan A2
  • Kontak Utama (RST) terdapat yang pinya itu L1 L2 L3
  • Keluaran Kontak Utama (UVW) yang pinya T1 T2 T3
  • Kontak Bantu NO (Normaly Open) Pin 13 14
  • Kontak Bantu NC (Normaly Close) Pin 21 14

Kesimpulan

Kontaktor adalah sebuah alat listrik yang berfungsi untuk menggerakan sebuah motor yang biasanya digunakan oleh industri pabrik yang memiliki rangkaian kontrol. 

Prinsip kerja Kontaktor adalah ada sebuah arus yang menggerakan coil untuk mengubah kontak dari kontaktor yang semulanya NO (Normali Open) menjadi NC (Normali Close) karena ketarik oleh coil yang sudah mendapat arus dan menajdi magnet. 

Wiring yang perlu di ingat adalah Coilnya A1 dan A2 yang bisa dibolak balik Netral atau 220V jika menggunakan Coil 220V dan mempunya kontak utama dan bantu. 
dengan begini Pengertian Fungsi dan Wiring Dari Kontaktor sudah selesai.

Terima kasih.

Pengertian Fungsi dan Wiring Dari Kontaktor
  1. Keren artikelnya ..
    Ga rugi berkunjung ke blog ini deh..
    Mantep pokoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama" gan, alhamdulillah

      Hapus