Pahami Apa itu Industri 4.0

Sudah saat indonesia memasuki dunia industri serba automatis dalam sebuah industri yang maju.

saat ini banyak sekali seminar tentang Industri 4.0, sebagai orang awam seperti saya ini. Menggali sebuah informasi tentang Industri 4.0.

Dalam artikel ini akan saya kupas tuntas berdasarkan pengalaman saya dan jenjang karir untuk memasuki sebuah indsutri 4.0 ini.

Industry 4.0

Apa itu Industri 4.0 

Industri 4.0 adalah Industri Internet of Things (IIoT) atau Smart Manufacturing, dengan teknologi yang smart oleh para ahli bisa mendongkrat sebuah keuntungan yang banyak sekitar 5 tahun kedepan.

Dengan memperbanyak sebuah output atau hasil barang dari indutri tersebut sebab dengan kepintar sebuah teknologi barang akan mudah diproduksi 24jam.

Dengan Real time Monitoring dan reacord yang disimpan dalam sebuah cloud server.

Meminimalisir sebuah troubleshootimg, ini adalah sebuah gambaran umum Industri 4.0.

Industri 4.0 Secara Teknik

Dalam istilah teknik ini sangat mudah dipahami oleh seorang teknisi atau sebuah engineering.

Industri 4.0 adalah sebuah Kalobrasi dari sensor, alat analitis, Data besar (Big Data), robot, pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, augmented reality, pencetakan 3D, analitik prediktif.

Semua dihubungkan melalui internet sebagai jalur utama dan penyimapan cloud, jadi semua bisa di akses melalui sebuah smartphone (IIOT) maupun PC.

Dengan syarat terdapat sebuah internet, dalam hal ini tentu juga keamanan sebuah cyber sangat berpengaruh.

Kalau menurut saya sebuah Industri 4.0 gabungan antara Automation Industri dan IT.

Visi Internet of Things (IIoT)

Visi IIoT di dunia adalah di mana aset terhubung cerdas (hal-hal) beroperasi sebagai bagian dari sistem yang lebih besar atau sistem sistem yang membentuk cerdas perusahaan manufaktur.

"Benda" memiliki berbagai tingkat fungsionalitas cerdas, mulai dari penginderaan dan penggerakkan sederhana, hingga kontrol, optimisasi dan penuh operasi otonom.

Smart Manufacturing

Perusahaan smart manufacturing adalah terdiri dari mesin pintar, pabrik dan operasi yang semuanya memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi tertanam pada intinya.

Sistem yang terhubung didasarkan pada Internet dan teknologi cloud yang terbuka dan standar yang memungkinkan akses aman ke perangkat dan informasi.

Ini memungkinkan "Big Data" menjadi diproses dengan alat analisis canggih baru dan untuk mendorong teknologi seluler nilai bisnis yang lebih besar.

Memungkinkan peningkatan efisiensi dan keuntungan, peningkatan keamanan dan inovasi dunia maya dan manajemen yang lebih baik keamanan, kinerja dengan pengurangan dampak emisi CO2.

Keuntungan Industri 4.0 

  • Peningkatan Produktivitas
  • Peningkatan Efisiensi
  • Peningkatan Berbagi Pengetahuan Dan Kerja Kolaboratif
  • Fleksibilitas Dan Kelincahan
  • Membuat Kepatuhan Lebih Mudah
  • Pengalaman Pelanggan Yang Lebih Baik
  • Mengurangi Biaya
  • Menciptakan Peluang Inovasi
  • Pendapatan Lebih Tinggi
  • Peningkatan Profitabilitas
  • Mendapatkan Pengembalian Investasi

Peningkatan Produktivitas

Secara sederhana, teknologi Industry 4.0 memungkinkan Anda melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit. Dengan kata lain, Anda dapat menghasilkan lebih banyak dan lebih cepat sambil mengalokasikan sumber daya Anda lebih efektif dan efisien secara biaya.

Peningkatan Efisiensi

Beberapa area dari lini produksi Anda akan menjadi lebih efisien sebagai hasil dari teknologi yang terkait dengan Industri 4.0. Beberapa efisiensi ini disebutkan di atas - lebih sedikit waktu henti alat berat serta kemampuan untuk membuat lebih banyak produk dan membuatnya lebih cepat.

Peningkatan Berbagi Pengetahuan Dan Kerja Kolaboratif

Teknologi Industry 4.0 memungkinkan jalur produksi, proses bisnis, dan departemen Anda untuk berkomunikasi terlepas dari lokasi, zona waktu, platform, atau faktor lainnya. Ini memungkinkan, misalnya, pengetahuan yang dipelajari oleh sensor pada mesin di satu pabrik untuk disebarluaskan ke seluruh organisasi Anda.

Fleksibilitas Dan Kelincahan

Manfaat Industry 4.0 juga mencakup peningkatan fleksibilitas dan kelincahan. Misalnya, lebih mudah untuk meningkatkan atau menurunkan produksi di Pabrik Cerdas.

Membuat Kepatuhan Lebih Mudah

Mematuhi peraturan dalam industri seperti industri farmasi dan alat kesehatan tidak harus berupa proses manual. Alih-alih, teknologi Industry 4.0 memungkinkan untuk mengotomatiskan kepatuhan termasuk track and trace, inspeksi kualitas, serialisasi , pencatatan data, dan banyak lagi.

Pengalaman Pelanggan Yang Lebih Baik

Industry 4.0 juga menghadirkan peluang untuk meningkatkan layanan yang Anda tawarkan kepada pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan

Mengurangi Biaya

Menjadi Pabrik yang Cerdas tidak terjadi dalam semalam, dan itu tidak akan terjadi dengan sendirinya.
Penggerak utama untuk pengurangan biaya ini meliputi:
  • Penggunaan sumber daya yang lebih baik
  • Manufaktur lebih cepat
  • Lebih sedikit downtime mesin dan lini produksi
  • Lebih sedikit masalah kualitas dengan produk
  • Lebih sedikit sumber daya, bahan, dan limbah produk
  • Turunkan biaya operasi keseluruhan

Menciptakan Peluang Inovasi

Teknologi Industry 4.0 memberi Anda pengetahuan yang lebih besar tentang proses pembuatan, rantai pasokan, rantai distribusi, kinerja bisnis, dan bahkan produk yang Anda buat. Ini menciptakan peluang untuk berinovasi, baik itu mengubah proses bisnis, mengembangkan produk baru, mengoptimalkan rantai pasokan, meningkatkan OEE, dan banyak lagi.

Pendapatan Lebih Tinggi

Misalnya, dengan mengotomatisasi sepenuhnya jalur produksi Anda dan menerapkan teknologi Industri 4.0 lainnya, Anda dapat menambahkan perubahan baru dengan biaya staf minimal untuk memenuhi kenaikan permintaan atau bersaing untuk mendapatkan kontrak baru.

Peningkatan Profitabilitas

Selain itu, teknologi Industry 4.0 memungkinkan Anda untuk menghasilkan kualitas yang lebih tinggi, margin yang lebih tinggi, dan / atau produk yang lebih inovatif. Misalnya, teknologi Industry 4.0 memungkinkan untuk menawarkan produk yang dipersonalisasi kepada pelanggan sambil tetap menggunakan metode produksi massal untuk membuat produk tersebut.

Mendapatkan Pengembalian Investasi

Teknologi Industry 4.0 mengubah manufaktur di seluruh dunia. Namun, manfaat Industri 4.0 dan potensi pengembalian investasi adalah yang benar-benar penting.

Smart Factory Schneider Electric di Batam

Smart-Factory-Schneider-Electric-Batam

Smart factory Schneider Electric di Batam menjadi percontohan penerapan Industrial Internet of Things (IIoT) bagi pelaku industri di Asia.

Smart factory kami di Batam merupakan percontohan untuk pembelajaran mesin, Artificial Intelligence, perawatan prediktif dan digital, serta mesin dan proses yang terhubung. 

Integrasi big data, cloud, dan teknologi IIoT akan membuka jalan bagi pelaku industri di Asia untuk segera merealisasikan visi smart factory mereka yaitu menjadi lebih hemat energi dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Diata adalah sebuah gambaran umum dari sebuah perusahaan smart factory dari Schenider Electric Indonesia.

Sebuah contoh untuk pabrik-pabrik di indonesia untuk memulai sebuah smart factory seperti perusahaan schneider. 

Dengan menggunakan sebuah teknologi EcoStruxure Machine berbasis IOT yang handal.

Dengan keuntungan sebagai berikut : 

Dengan aplikasi Manufacturing Control Tower dashboards, manajer pabrik dapat membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kegiatan operasional. Dengan solusi ini, pabrik Batam dapat mengurangi waktu perawatan sebesar 17% dan resiko produk cacat/gagal sebesar 46%.

Schneider Electric mempekerjakan lebih dari 2.900 karyawan di tiga smart factory yang memproduksi beragam produk (contractor, relay, variable speed drives, sensors, circuit breakers, electronic boards). 

yang didistribusikan tidak hanya untuk pasar dalam negeri, namun juga Eropa, Amerika Utara, China, India dan wilayah Asia Pasifik. Ketiga pabrik ini telah tersertifikasi dengan standard internasional ISO 9001, ISO 14001, dan OHSAS 18001.



Selain menerapkan solusi EcoStruxure™, Schneider Elctric Manufacturing Batam juga melibatkan siswa SMK dan mahasiswa Politeknik Batam untuk ikut terjun langsung dalam mengembangkan aplikasi Smart Factory di Batam melalui program Digital Internship sejak tahun 2017.

Kesimpulan

Industri 4.0 ini sudah menjadi sebuah era pada saat ini dengan teknologi IOT semua menjadi sebuah 1 genggaman (smartphone).

Bisa dimonitoring diamana saja anda berada, memberikan sebuah report yang akurat dan realtime saat itu juga berbasis big data dipadukan dengan cloud server.

Sebuah pabrik yang sudah menerapkan Industri 4.0 adalah Schneider Electric Indonesia di Batam.

Dengan menerjunkan anak SMK dan mahasiswa pada pengembangan smart factory, jadi indonesia juga menanam bibit atas pengembangan tersebut.

Jadi karir disini sangat diperlukan untuk era akan mendatang, setidaknya belajar dari hobi anda.

Jika suka IT perdalam IT jangan main game doang !, kalau bisa buatlah sebuah game.

Jika anda suka Electrical atau Instrument maka dalammi sebuah system automation.

Pahami Apa itu Industri 4.0