Pengertian Limit Switch Untuk Industri 4.0

Pengertian Limit Switch Untuk Industri 4.0

Apa itu Limit Switch?

Limit Switch adalah sebuah alat elektronika digunakan secara otomatis mendeteksi keberadaan benda secara mekanik, untuk memutuskan atau menghubungkan arus listrik. 

Bisa dikatakan untuk memulai awal pergerakan benda dan membatasi akhir pergerakan benda.

Mempunyai 3 terminal untuk wiring, terdapat Common, Normaly Close, dan Normaly Open. 

Prinsip Kerja Limit Switch

Limit Switch yang digunakan dalam aplikasi industri adalah perangkat elektromekanis yang terdiri dari aktuator mekanik yang terhubung ke serangkaian kontak listrik. 

Ketika suatu benda datang dalam kontak fisik dengan aktuator, gerakan pendorong aktuator menghasilkan kontak listrik dalam sakelar untuk menutup (ON) atau membuka (OFF) koneksi arus listriknya.

Saklar batas menggunakan gerakan mekanis pendorong aktuator untuk mengontrol atau mengubah kondisi sakelar listrik yang awalnya N/O menjadi N/C dan sebaliknya tergantung anda wiringnya.

Fungsi Limit Switch

Dalam dunia industri peran komponen Limit Switch ini sering sekali digunakan dalam sebuah mesin proses produksi, seperti di pabrik gula berguna sebagai pengaman sebuah konveyor biasanya disebut Cane Cerrier. 

Ketika rantai konveyor tersebut mengalami masalah maka rantai akan naik dan menyentuh Limit Switch untuk memberhentikan elektro motor yang menggerakan konveyor tersebut.

berikut contoh aplikasi limit switch yang sering digunakan: 
  • Untuk otomatis lampu pada panel listrik, ketika pintu panel listrik dibuka maka secara automatis lampu akan menyala dan sebaliknya, jika ditutup lampu akan mati.
  • Pada mesin otomatis untuk mengetahui posisi Up/Down. 
  • Untuk Gerbang Otomatis yang menggunakan motor, ketika gerbang menutup full akan menyentuh limit switch untuk memberhentikan motor listrik. 
 

Wiring Koneksi Listrik Limit Switch

Untuk wiring sangat mudah seperti Wiring Push Button, ada sumber dan Out gampanganya begitu, Outnya anda bisa memilih kontak NC atau NO sesuai kebutuhkan yang ada. 

Perlu di ingat setiap merek memiliki perbedaan wiring jadi harus melihat manualnya didalam pembelian limit switch biasanya disertakan, berikut contoh gambar wiring Limit Switch 
Pengertian Limit Switch Untuk Industri 4.0
Pin 13 dan 14 adalah kontak NO (Normaly Open)
Pin 21 dan 22 adalah kontak NC (Normalu Close)

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan jangan lupa komentar dibawah jika ada pertanyaan. 

Pengertian Limit Switch Untuk Industri 4.0