Belajar Arduino - Pengertian dan Fungsi Arduino

Arduino saat ini sedang boming dikalangan para robotic dan sekarang sudah banyak sekali yang sudah mengenal kata arduino ini mulai dari kalangan SMP sampai dewasa untuk membuat sebuah proyek automasi di industri atau pabrik.

Untuk kalangan para mahasiswa juga sudah saat populer untuk mengerjakan scripsi maupun tugas kuliah, jadi mari belajar bersama untuk mengerti apa itu arduino dan fungsinya. 

Board Arduino Uno R3

Sejarah Arduino 

Arduino ditemukan atau dikembangkan oleh Hernando Baragan pada tahun 2005 di negara italia kemudian di kembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles kemudian dinamakan Arduino dalam bahasa italia dan artinya adalah Berani.

Tujuan dari pembuatan arduino ini adalah untuk membuat sebuah alat yang murah dan terjangkau untuk kalangan mahasiswa yang belum bekerja, jadi berterima kasilah pada penemu dan pengembang arduino ini. 

Pengertian Arduino 

Arduino merupakan pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan berasal Wiring platform, dibuat buat memudahkan penggunaan elektronika pada berbagai bidang. Hardwarenya mempunyai prosesor Atmel AVR serta softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. Arduino UNO merupakan sebuah board mikrokontroler yang didasarkan  pada ATmega328

Berikut datasheet ATmega328
Spesifikasi ATmega328 Arduino

Fungsi Arduino

Untuk fungsi arduino sendiri sangat banyak tetapi akan saya ambil poin - poinya saja agar mudah dipahami dan dipelajari, untuk poin - poin fungsi arduino sebagai berikut : 


  • Sebagai mengontrol sebuah mesin
  • Untuk proses input dan output sebuah digital
  • Seperti Halnya PLC tetapi versi murah

Jika ada yang dipertanyakan langsung saja tinggalkan komentar dibawah ya gaes...
Semoga bermanfaat dan tetap terus belajar dan berbagi ilmu.

Belajar Arduino - Pengertian dan Fungsi Arduino