Mengenal PLC Modicon M580

PLC Modicon M580

Sobat pasti sudah tahu dengan brand Schneider Electric? nah PLC Modicon M580 ini adalah sebuah senjata andalan Schneider Electric dalam Automation di industri untuk mengontrol atau otak dari sebuah Automation Industri.

Kenapa dikatakan andalan oleh Schneider Electric? sebab ini PLC mempunya 3 fitur yang sangat terbaru dalam teknologi automation dalam dunia industri, yang memenuhi kebutuhan konsumen sekarang ini.
Berikut fitur yang ditonjolkan : 

  1. Ethernet Back Bone 
  2. IT Integration
  3. Embedded Cyber Security dalam CPU

Dari 3 fitur diatas akan saya kupas tuntas agar anda tahu apa kelebihan dari PLC Modicon M580.  
plc

Teknologi ePAC

Modicon M580 ini sudah menggunakan standart ePAC, sebelum menuju ePAC anda harus mengetahu standart teknologi sebelumnya yaitu PAC.

PAC adalah Programmable Automation Controller, sudah umum dan sudah dalam 1 dekade ini berlangsung kebanyakan indusri menggunakan PAC, contohnya adalah sebuah PLC yang fiturnya hanya standart dan kebanyakan menggunakan Hard Wiring.

ePAC adalah Ethernet Programmable Automation Controller, Teknologi baru ini mengusung sebuah komunikasi ethernet dalam sebuah I/O modul atau remote I/O yang memungkinkan jarak lebih 100m bisa dikendalikan oleh Modicon M580 dengan komunikasi ethernet.

Perubahan dari PAC ke ePAC adalah sebuah kestabilan yang tinggi dan keamanan yang terjamin, yang mengusung system transparasi namun juga kohesif. Mendukung PlantStruxture secara automatis memudahkan anda untuk memadukan arsitektur systemnya.

Ethernet Backbone Modicon M580

Fitur Ethernet Backbone ini adalah semua komunikasi termasuk bus backplane pengontrol dikelola pada Ethernet terbuka backbone, dari jaringan kontrol (SCADA, DCS, dll.) seperti jaringan lapangan melalui I / O jarak jauh atau terdistribusi.

Backbone ini juga mendukung bus I/O ganda, yang sangat penting untuk mendukung persyaratan redundansi bagi banyak orang memproses aplikasi. 

Pemrosesan Ethernet dikelola langsung oleh pengontrol, yang memiliki pemrosesan Ethernet dibangun ke intinya. Ini baru konsep, memanfaatkan Ethernet sebagai intinya.

Menciptakan nilai baru dan penentuan posisi untuk solusi otomatisasi berdasarkan yang lebih besar transparansi dan komunikasi kecepatan tinggi, untuk menyampaikan solusi deterministik atas standar, terbukti, dan terbuka

Arsitektur Ethernet Ini memungkinkan semua komunikasi, I / O, dan perangkat untuk dihubungkan melalui Ethernet.

IT Intergration

Dalam Fitur ini adalah Modicon M580 ini menyediakan sebuah module yang kompetibel dengan M580 dan bisa ditaruh dalam 1 backplane yang menjadikan lebih effisien dan ringkas, tanpa memerlukan konfigurasi yang rumit dan bisa langsung di konfigurasi dari PLC M580 ini.

Module IT Intergration sendiri itu meliputi, Gateway, Router, dan Wifi.

Embedded Cyber Security 

Untuk mengatasi masalah keamanan dunia maya yang penting saat ini, keamanan dibuat untuk setiap masalah M580 ePAC untuk menyediakan sistem terbuka, namun sepenuhnya aman.

Fitur keamanan Cyber canggih membantu memastikan sistem dilindungi dari serangan cyber. Setiap M580 ePAC bisa
diamankan menggunakan login dan kata sandi terenkripsi untuk setiap aplikasi.

Layanan yang tidak perlu dapat dinonaktifkan dan pemeriksaan dapat dilakukan untuk memverifikasi integritas alat pemrograman dan firmware pengontrol serta perilaku nominal dari sistem itu sendiri.

Arsitektur Modicon M580

Dalam menggunakan PLC M580 ini anda harus tahu apa saja module pendukung yang dibutuhkan karena Modicon M580 ini bertipe Modular jadi semua terpisah, Berikut Arsitektur komponennya:

  • Power Supply 
  • Backplanes
  • CPU ( Modicon M580)
  • Module I/O ( DI, DO, AI, AO) 
  • Communication Module 
Arstektur Modicon M580


Software

Unity Pro
Modicon M580 ini menggunakan sebuah perangkat lunak atau software Unity Pro, Software ini menurut saya harus membeli untuk bisa menggunakanya tetapi ada juga yang tipe demo hanya bertahan 30 menit kalau gak salah.

Fitur Unity Pro:
  • "All-in-one" software
  • 5 IEC61131-3 languages + Legacy LL984
  • Integrated conversion tools from Concept, Proworks, PL7 Pro
  • FDT / DTM standard for field device integration
  • Standard objects and libraries
  • Customizable integrated Function Block Library (DFB)
  • PLC simulator on PC, Built-in test and diagnostic
  • Animation tables, Operator Screens and Trending Tool


Harga

Untuk Harga di Price list sepertinya tidak ada jadi harus menghubungi pihak Schneider Electric ke Customer Service untuk menanyakan stock dan harga barang tersebut.


Semoga bermanfaat Jika suka tolong di share ke temen-temen kalian yang lagi belajar plc atau bisa memberikan komen jika ada yang di tanyakan.


Mengenal PLC Modicon M580