Gerbang Logika Dasar

Assalammu’alaikum Wr.Wb

       Saya yakin untuk kalangan siswa smk maupun sma atau orang yang mendalami teknik electro pasti tahu istilah gerbang logika, dari kata gerbang bisa kayak pintu tapi pintu apa di sambung lagi logika jadi pintu logika emang logika kita ada pintunya hahaha , pasti bingung lah klo di artiin satu persatu pakai bahasa kita, ini saya akan bahas pengertian gerbang logika.
        Gerbang Logika atau dalam bahasa inggrinya disebut dengan Logic Gate adalah Suatu entensitas electronika dan matematika boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logic ( Input ) dan menjadi sebuah Output ( Keluaran ) sinyal logic. Gerbang logika beroperasi dalam sistem bilangan binner yang mempunyai dua angka atau bilangan yaitu 1 dan 0 dalam teori aljabar boolen hingga disiebut juga gebanglogika biner yang sering kita temukan dalam sirkuit digital yang diimolemetasikan secara elektronik dengan menggunakan dioda atau transistor.

       Tegangan yang di gunakan dalam gerbang logika adalah Tinggi ( High) atau Rendah ( Low ), tengan tinggi berati 1, sedangankan tegangan rendah berarti 0.
Gerbang Logika

Rumus Gerbang logika 

           Untuk mempermudah mengetahui jumlah kombinasi sinyal yang harus di hitung berdasarkan inputannya, gunakan rumus : Gerbang Logika dimana n adalah jumlah input.
Contoh :
n = 2 makaGerbang Logika = 4, jadi jumlah kombinasi sinyal yang harus dihitung sebanyak 4 kali.
dan ada juga 7 gerbang logika dasar yang anda bisa baca di selanjutnya artikel saya.

Sekian postingan dari saya tentang Gerbang Logika Dasar, Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa. 

Gerbang Logika Dasar