Belajar PLC Schneider

PLC , apa itu plc? pada kalangan orang umum pasti tidak tau istilah plc bagi perusahaan atau kontraktor Automation yang sering bermain tender pasti tau lah istilah plc , ok saya akan memberikan pengertian apa itu plc . PLC ( Programmable Logic Controller ) Dari kepanjangan ini kata kuncinya pertama yaitu program ya pasti kalian tahu program itu bagai mana tp yang lebih penting dari PLC adalah Logic atau logika jadi seorang programmer plc harus mempunyai logica yang mantep dan kuat misalnya gini rumus matematika kan 1 + 1 = 2  pasti dong anak sd aja pasti bisa :D tp di program PLC 1 + 1 = 5 nah lo... bingungkan ia emang gitulah kenyataanya nanti dalam program PLC.
Sejarah PLC:
  • Diperkenalkan pada tahun 1960-an yang bertujuan untuk menghilangkan beban ongkos perawatan berbasis relai.
  • PLC pertama didunia MODICON ( modular digital controller ) 084.
  • Pertengahan tahun 1970-an PLC berbasis prosesor AMD 2901.
  • 1980-an memperkecil ukuran PLC dan pembuatan perangkat lunak melalui program simbolik dengan PC dan penggunaan handled programer.
  • Tahun 1990-an telah dilakukan reduksi protokol baru dan modernisasi lapisan fisik  dan peningkatan standar serta penggabungan bahasa pemrograman dibawah SI.
   Belajar PLC , ini biasanya di gunakan untuk mengontrol otomasi dan proses mesin di suatu pabrik contohnya untuk otomasi ( istilah otomasi ini mudahnya hanya untuk mengontrol mesin 1 atau lebih ) biasanya digunakan untuk interlocking / Sequenching pada suatu mesin. Untuk proses ( Istilah proses dari awal sampai no ) gampanganya gini contoh pabrik makanan dari bahan mentanya trs di masak hingga di ksh bumbu rempah" sampai jadi di packing itu semua di maksud proses yang di lakukan semua oleh PLC keren bukan mangkanya semangat terus untuk PLC.


plc schneider
PLC Schneider

Belajar PLC

Untuk sekolah - sekolah pada umumnya dari smk sampai kuliah biasanya di kenalkan dengan plc merek / brand Omron / Schneider lah yang saya bahas di blog  PLC  ini yang utama adalah merek Schneider berikut tipe-tipe PLC merek schneider

  • Modicon M221
  • Modicon M241
  • Modicon M251
  • Modicon M258 
  • Modicon M340 
Itu tipe PLC yang biasanya di gunakan oleh orang indonesia umumnya dan sangat userfriendly bagi sudah yang berpengalaman.

 Belajar PLC

Sofware yang di gunakan oleh merek schneider sebagai berikut :

  • Somachine Basic Suport windows 8.1 
( Khusus Untuk PLC Modicon M221 )
  • Somachine 3.1 Competible windows 7 saja
( Untuk PLC Modicon M258 )
  • Somachine 4.1 Suport windows 8.1
( Untuk PLC Modicon M241, M251, dan M258 )
lah itu dia macam - macam software menurut tipe PLCnya untuk Somachine Basic Free alias gratis anda bisa download link sudah saya sediakan di atas dan untuk somachine 3.1 dan 4.1 berbayar ini dia yang bikin males orang indonesia:D tapi tetap semangat untuk PLC Schneider.

Belajar PLC Schneider
  1. Dear Admin,

    Mau tanya:
    - klo modicon 218 pakai driver apa yah?
    - saya download di web scheneider somachine 4.1 namun hasilnya seperti masih locked feature fungsinya, ada saran kah?

    Ditgu jawabannya.

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan belum pernah online di Modicon 218, sepertinya masih di Somachine 3.1 gan.

      Kalau Somachine 4.1 itu berbayar gan klo 3.1 kemungkinan ada digoogle untuk freenya.

      Coba dulu diinstall Somachine 3.1

      Hapus